Minggu, 13 Mei 2012

Sifat Dua Puluh Kawedhar

     Sifat-Sifat Allah SWT sebenarnya sangat banyak, tiada terbilang banyaknya. Kalau ditanya berapa Sifat-Sifat Allah tersebut? Hanya Dia sajalah yang lebih tahu akan jawabnya. Akan tetapi secara Ijmali, Para Ulama mengelompokkan Sifat-Sifat Allah tersebut kedalam 20 Sifat. Kedua puluh sifat tersebut dikelompokkan lagi menjadi 4 bagian.
     Adapun perinciannya sebagai berikut: 
1. Sifat Nafsiyah ( Wujud ),
2. Sifat Salbiyah ( Qidam, Baqa', Mukhalafatul lil hawaditsi, Qiyamuhu binafsihi, Wahdaniyat ),
3. Sifat Ma'ani ( Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama', Bashar, Kalam )
4. Sifat Ma'nawiyah ( Qadiran, Muridan, 'Aliman, Hayyan, Sami'an, Bashiran, Mutakalliman ).
     Untuk dapat mengenal Allah, kita harus memahami benar benar kedua puluh sifat tersebut. Agar kita dapat dengan mudah memahami kedua puluh sifat tersebut maka sebagai acuannya adalah Diri Kita Sendiri. Jadi, kita harus membaca kedua puluh sifat tersebut pada diri kita sendiri. Mengapa demikian? karena ada sebuah hadist Nabi Muhammad SAW, yang mengatakan:
   " Man 'arafa nafsahu faqad 'arafa Rabbahu."
( Barangsiapa yang mengetahui Dirinya, maka akan mengetahui Tuhannya ).

Nah, oleh karena itu untuk para pencari kebenaran sekalian layaknya setiap kata perkata kalimat perkalimat kita harus memahaminya secara benar dan hati-hati agar kelak dikemudian hari tidak menimbulkan pemahaman yang keliru, kita fahami dulu setiap kalimat dengan Hati tanpa melibatkan emosi maupun ego kita, biarlah untuk sementara waktu itu mengalir kedalam Kalbu kita, yakinlah selama apa yang kita niatkan benar Inshaallah kita akan menemukan kebenaran yang Hakiki, Amin. Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar